Thursday, November 9, 2023

Pejuang Garis Dua PCOS FIGHTER Tahun ke-2 (Apa itu PCOS? HSG sakit gak?)

Bismillah..

2018 - 2019

Langsung lanjut tahun ke 2 mumpung lagi semangat nulis.

Di tahun ini .....

Qodarullah wa masya fa'ala...

Aku sakit yang sakitnya itu tidak boleh untuk punya anak dulu karena bahaya untuk anaknya. 

Ya sudah aku menuntaskan dulu penyakitnya, aku di operasi kecil... Namun, biayanya besar karena kami tidak punya asuransi wkwkwkwk... Meskipun aku operasi kecil tapi aku dibius total itulah pertama kali aku di operasi hehe... lucunya saat setelah operasi kan nunggu bius hilangkan, aku di ruangan yang hanya ada suster 1 aja, tanpa keluarga karena aku memang perawatan 1 hari. jadi memang tidak masuk ke ruangan. Nah, lucunyaaa... itu kan pertama kalinya aku tersadar dari bius, mungkin karena aku panikan, aku manggil2 suster karena aku ngerasa tidak bisa bernafas. Tapi suster yang meureun udah ngerti ya dan udah biasa jadi malah ngebiarin aku soalnya aku dikit-dikit manggil suster haha.. 

Kalau dipikir-pikir sekarang mah aku ngerti, soalnya kan organ aku mungkin belum sadar semua jadi emang mungkin kerjanya juga masih lambat gituh.. Dan anehnya aku, langsung pengen hokben dan makan dengan lahap.... Ya jelas pencernaanku belum betul sehingga, aku sakit lambung....Hihi konyol...

Perjalanannya panjang saat itu tapi perasaannya juga campur aduk...

Perasaanku sedih, kecewa, marah, why me? dll.... 


Tapi Alhamdulillah dengan dukungan suami aku merasa penuh. Meskipun di luar sana begitu riuh. Meskipun di dalam juga riuh.

Duniaku tak pernah sepi dari kritikanku sendiri, cemoohanku sendiri dan energi negatif orang yang aku serap.. 

Terima Kasih Ya Allah aku memiliki suami yang baik, sabar, pengertian. <3


Akhir tahun 2019 aku memulai program kembali dengan dokter Wid di Klinik Jasmine.. Ngantrinya itu loooh puanjang buanget.. dateng jam 11 baru dipanggil jam 4 sore... MasyaAllah betul-betul perjuangan.. cuma karena aku pengangguran yaaa its ok dinikmati aja.. Akhirnya aku baru tahulah sel telurku kecil - kecil.. 

PCOS adalah Polycystic Ovarian Syndrome. 

Kalau mau tahu lebih lengkapnya mah googling aja ya... lebih ilmiah dan lengkap.. Tapi, aku mau ceritain yang aku alami. 

Ciri - ciri PCOS yang ada pada aku

1. Sel telur kecil-kecil yang bisa diperiksa oleh dokter melalui USGTransvaginal

2. Haidh tidak teratur

3. Banyak tumbuh bulu seperti laki-laki ( kumis dll)


*USG trasnvaginal adalah USG yang masukan melalui MissV sehingga terlihat lebih jelas rahim kita..

Untuk analisis awal, dokter meminta kami untuk melakukan HSG dan Analisis Sperma.. 

Kami melakukan HSG di pramita, dengan harga waktu itu sekitar 1,4 juta dan analisis sperma sekitar 300ribuan tapi aku lupa tepatnya sih.. 

Sebelum HSG kita harus dapat surat rujukan dokter jadi tidak boleh mengajukan sendiri. dan ada syaratnya harus booking dulu, dilakukan di hari ke 10/11/12 siklus haidh, jadi dihitungnya dari hari pertama haidh. 

Tibalah hari H dan alhamdulillah lancar..

HSG itu disemprotkan cairan ke-2 saluran kita untuk mengecek adakah sumbatan atau tidak. Saat melakukannya jangan tegang biar gak terlalu sakit.. Rasanya sakit mules kayak haidh cuma ya sekitar 2 kali lipatnya lah.. Tergantung ketegangan kita dan pain tolelir kita sih... 

Saat itu aku alhamdulillah tidak terlalu sakit dan lancar serta hasilnya bagus...

Hasil analisis sperma juga bagus.. 


Jadi, kata dokter, wah bagus ini mah udah jangan makan nasi, makannya sayuran aja sama daging, olahraga sok gera dalam 5 bulan hamil... 

Itu kata dokter sambil dikasih obat metformin dan vitamin E. 

Dari situ aku mulai ngeh dengan DIET OLAHRAGA POLA HIDUP SEHAT tapi tetep makan nasi dan tetep mageran wkwkwkwk.... Dan tibalah COVID di Indonesia dari situ aku gak ke dokter2 lagi, karena katanya ke rumah sakit diutamakan untuk yang darurat dan hamil klo program mah jangan ceunah...

Jadi, aku mulailah nambah-nambah ilmu dr kelas- kelas online, ada dr. Yasir yang jawabannya suka diluar nurul hihi.. dan ikut kelas olah ragalah, ikut diet lah, ikut catering diet lah dll... 

Berat badanku sudah turun banyak, tapi tidak ada perubahan, naik lagi longgar lagi dietnya overthingking lagi...





No comments:

Post a Comment

Pejuang Garis Dua PCOS FIGHTER Tahun ke-5 part 2 Diet untuk PCOS

  Cerita HSG dan test hormonku. Saat akan HSG dan test hormon ini, aku sedang depresi... MasyaAllah... Aku sedang dihadapkan dengan harus be...