Thursday, November 16, 2023

Pejuang Garis Dua PCOS FIGHTER Tahun ke-5 part 2 Diet untuk PCOS

 Cerita HSG dan test hormonku.

Saat akan HSG dan test hormon ini, aku sedang depresi... MasyaAllah... Aku sedang dihadapkan dengan harus bertemu banyak orang, dan semua orang seakan-akan menekanku untuk hamil. Sungguh, aku sedang berusaha dan bukan keinginanku untuk belum hamil. Tapi semua orang seakan-akan sedang mengatakan klo hamil itu kehendak kita gituh. Sok lakukan ini geura.. Seakan-akan jika aku tidak melakukannya itulah penyebab aku belum hamil. Aku tidak dapat menghindari orang-orang karena memang sedang ada acara keluarga besar. 

Aku depresi....

Aku menangis setiap malam...

Aku gak kuat...

Aku datang ke Psikolog sendirian karena suami sedang di luar kota..

Aku sangat ketakutan akan hasil test hormonku, karena ada yang PCOS kadar AMHnya di bawah 2 yang artinya berarti menuju monopous. Aku menangis dan ketakutan karena overthinkingku sendiri. Malam sebelum test HSG ke dua aku kurang fit, aku tidak bisa tidur dan begadang. 

Jeng jeng jeng ....

HSG nya gagal guys....

Aku merasakan sakit yang sangat dan HSGnya gagal dan harus bayar untuk cairan kontras yang sudah digunakan... Innalillahi wa inna ilaihi rooji'uun...

Yang lebih menyakitkan lagi apa guys? HSG itu hanya bisa dilakukan di hari ke 10/11/12. Dan tahu apa guys? aku gak tahu bulan depan haidh atau tidak karena kan bulan ini saja aku haidh dengan obat dari dokter :D Aku menangis di tempat test itu setelah mengobrol dengan managernya dan mereka seakan-akan menyalahkan aku. Mungkin bisa jadi memang kesalahan aku ya, tapi jika mereka tidak mau memberi keringanan biaya kenapa harus menyalahkan pasien. Cukup meminta maaf saja. Aku merasa itu kesalahan tempat aku diperiksa karena, dari awal aku merasakan ketidak profesionalan ketika menggunakan alatnya. Berbeda saat pertama kali aku melakukan HSG tersebut. Kalau gak salah itu hari ke 10. Tapi, karena HSG harus dilakukan by appointment, jadi susah mencari pengganti harinya. 

Tapi, pelajaran yang aku dapat mungkin karena kondisinya aku tidak fit, sedang depresi dan malamnya insomnia sehingga tidak tidur. 

Jadi bagi teman-teman yang mau periksa apapun biar hasilnya lebih akurat, harus dalam kondisi tenang ya :)

Yang tadinya tidak akan ke dokter dulu sebelum ada hasil, akhirnya aku harus ke dokter untuk meminta obat agar haidh karena ketidak percayaan diriku akan haidh lagi..

Akupun HSG pada bulan berikutnya, dan dengan persiapan yang matang. Aku memperbanyak yoga dan berusaha tidak begadang. 


Program Diet PCOS

Inti dari diet PCOS adalah keseimbangan.

1. Makan tepat waktu 3 kali waktu makan besar, 2 kali makan cemilan buah

2. Makan lengkap porsi dalam 3 kali waktu makan besar : Karbohidrat, Protein Hewani, Protein Nabati dan sayuran.

3. No tepang tepung (Mie, roti, kue dll) dan buah tinggi gula 

4. Jalan kaki 45menit sehari.

Tanpa timbang-timbang(lauk pauknya), berat badanku berhasil di BMI ideal guys (tapi dengan bantuan vitamin juga dari dokter ya, jadi saran aku sih konsul ke dokter biar lebih jelas).... Tapi aku belum mencapai target dari bu dokter sih. karena aku mageran :D

Segitu aja guys diet PCOSnya, yang aku dapatkan intinya adalah keseimbangan hormon, aku sebelumnya suka IF jadi gak sarapan gituh, nah bisa saja tapi efek ditubuh aku adalah adanya lonjakan dan penurunan gula darah secara drastis yang menyebabkan tubuhku stress. Sehingga hormonku gak seimbang. Itu analisis aku terhadap tubuhku sendiri. Sehingga, terkadang merasakan craving ingin makan dan terkadang tidak nafsu makan.

No comments:

Post a Comment

Pejuang Garis Dua PCOS FIGHTER Tahun ke-5 part 2 Diet untuk PCOS

  Cerita HSG dan test hormonku. Saat akan HSG dan test hormon ini, aku sedang depresi... MasyaAllah... Aku sedang dihadapkan dengan harus be...