Saturday, June 29, 2013

Jilbab Pertamaku^^

Hallo!!! Assalamu’alaikum.. maafin syifa ya jarang nulis :/ maaf hehe..
Kali ini Syifa mau berbagi mengenai Jilbab pertama ya dibilang sejarahnya kenapa sih gua mau pake jilbab.. eh maaf lupa bahasa jakartanya keluar gak papa kan gua gaul dikit? Hehe .. sebenarnya ya belum tentu juga ada yang kepoin blog ini hehe .. tapi  ya ga papa semoga bisa menjadi salah satu hidayah buat gue and elo.. haha maaf maaf yuk ah ke bahasa syifa lagi aja .. kita pake aku aja ya biar lebih enak ke akunya :D …

Pertamanya sih aku pengen pake kerudung. Ya!! Kerudung, ya kerudung pokoknya mah itu dimulai sekitar kelas 3an.. ya sebagai anak kecil yang polos simple aja pengen pake kerudungnya karena lihat sekitar pake kerudung, mamah pake kerudung, uwa di depan rumah pake kerudung, nenek pake kerudung, trus ada anaknya nenek alias bibi aku yang bedanya 2 tahun udah pake kerudung dari sd kelas 1 coba bayangin, Aku kan sirik kenapa dia mah pake kerudung tapi aku enggak, mulai lah saat itu aku bilang sama mamah, mah aku pengen pake kerudung, tentunya pake bahasa sunda ea… :3 itu pas kelas tiga trus mamah bilang “nanti aja pake kerudungnya pas kelas 4 ya.” “oooh oke oke” aku dengan polos dan lucunya menjawab..  

Tibalah aku kelas 4 .. mamah tidak membelikanku seragam panjang ,, sedih? Engga sih aku jadi anak penurut kata mamah nanti aja ya kelas lima.. ya!!! Aku menjadi anak lucu yang nurut imut banget.. #eh

Tiba di kelas 5 … aku menagih janji mamah, ooooh nooo aku yang lucu imut saat itu tetap dapat terbujuk oleh ibuku.. tapi pemikiranku semakin matang bukan iya iya aja tapi jadi yaudah klo belum boleh, tapi kelas 6 harus ya mah, soalnya kan mau masuk smp biar terbiasa dulu trus nanti pas mos udah pake baju panjang.. #pemikiran sederhana anak kecil :D ..
Saat akan pembagian rapot kelas 5, karena hari pembagian rapot itu adalah hari jum’at, maka temanku bertanya, “Syif, bagi rapot pake baju muslim atau bebas?” aku jawab : “Bebas”.. saat pembagian rapot aku datang dengan penampilan baruku pakai rok dan memakai kerudung, lalu teman itu bertanya “Syif kenapa pake baju muslim, katanya bebas” aku tak menjawab namun dalam hatiku inilah baju bebasku hehe..

Saat kelas 6 barulah aku memakai kerudung ke sekolah.. dan hingga saat itu aku memakai kerudung hanya karena ingin, ya hanya ingin dan “katanya”(masih karena katanya) wajib.. aku belum tahu di ayat al-qur’an… waktu awal awal pakai kerudung itu hampir setiap malam aku bermimpi, aku pergi ke sekolah lupa pake kerudung, itu sangat menakutkan sekali.. yah pokoknya aku sering banget mimpi, dan pokoknya perasaan saat itu hanyalah takut, takut pergi gak pake kerudung karena aku belum terbiasa.

Ya dari awal pakai kerudung sampai smp klo ke rumah saudara yang didepan rumah read : rumah uwa sama kakek, aku gak pake kerudung nyantei aja .. trus dirumah saudara klo nginep aku masih suka dibuka aja dianggap rumah sendiri padahal disana ada suami bibi aku yang seharusnya juga gak lihat kan? Ya, namanya juga proses, dan aku tiis tiis aja da gak tahu..
Pas kelas 8 aku punya seorang sahabat yang sangat kritis, ia bertanya padaku mengapa kamu pakai kerudung?, aku yang biasanya bertanya seperti itu sama teman teman aku, aku ingin tahu hidayah mereka, ada yang karena dikasih tahu sama temen mamahnya, ada yang karena bernazar klo masuk smp ini aku mau pake kerudung.. nah karena itu aku mencoba menceritakan tentang sejarah aku pake kerudung, setelah bercerita panjang lebar ia bertanya “BUKAN KARENA ALLAH YA?” #jleb #plak pertanyaannya sangat mendalam.. Ya saat itu aku langsung saja jawab ya karena  Allah lah, ngapain juga klo gak ikhlas dilakukan, bakalan ngeluh terus menerus..

Tapi, aku terus berpikir, bukan karena Allah? Jangan jangan emang hanya ingin aja, bukan karena taat.. dan itu membuat aku terus berpikir tapi hidayah itu masih belum aku jemput… astaghfirullah…
Suatu saat ada seorang kaka bertanya pada ku ia bertanya “Syifa, kalo ayat yang mewajibkan memakai jilbab itu apa ya?” #jleb aku gak tahu loh seriusan aku gak tahu, trus aku tanya sama murabbi aku lewat sms “Annur ayat 31” oh iya ? aku langsung buka aja,
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.
Oooh iya, lalu aku jawab kaka itu.. udah deh.. nah dari sini aku baru tahu ayatnya yang mewajibkan kita memakai kerudung… benar benar perjalanan yang panjang.. tapi ini belum beres… ya aku emang udah baca tapi ayat itu sama sekali belum aku kaji..
Allahu Akbar!! Saat kelas x inilah perjalanan baruku.. saat itu ada pelajaran imtaq yang tugasnya disuruh ngapalin ayat ayat pilihan, doa doa dan juz ‘amma..  nah saat itulah aku sangat meyakini, tentang memakai kerudung itu wajib dengan kajian dari ibu endang yuli sebagai guru agama ku.. disitu aku tahu ayat lain yaitu Al-Ahzab ayat 59 :
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya  ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Ya, meskipun terlambat hidayah itu hadir, itu hanya tentang waktu dan bagaimana kita menjemputnya, andaikan saat itu aku tak masuk sma itu mungkin hidayah itu semakin lama aku dapatkan, saat itu aku baru sadar, oh begitu ya.. saat itu pun aku masih pake celana kok, tapi melihat teman teman dan kaka kaka kelas memakai rok, aku mulai ikut ikutan .. dan sambil berjalan aku mulai tahu fungsinya.. jadi klo menurut aku klo ngapain berjilbab tapi gak bener, ya klo menurut aku mendingan pake jilbab dulu terus hidayah dari Allah perlahan-lahan terus hadir terus hadir.. karena manusia bukan Tuhan yang bisa mengubah dirinya sekaligus, tapi manusia adalah seorang pembelajar, dari tidak bisa jadi bisa, dari kurang baik menjadi baik, dari tidak tahu menjadi tahu, dari merangkak menjadi berlari..

Inti yang gak tahu nyambung atau enggak, menurut saya, kita gak tahu kedepannya kita akan menjadi semakin baik kah? Atau buruk , yang pertama kita jangan menjudge orang itu gak baik, orang itu buruk, boleh jadi ketika kita berdoa untuk mereka, kita lebih buruk dari mereka, na’udzubillah.. dan pelajaran ini pun baru aku sadari saat kuliah, padahal saat sma aku sudah menyakiti banyak sekali orang, ampun ya Allah… trus juga jangan takut pake kerudung, ujiannya banyak pertanyaan aneh lah, padahal kita gak tahu, tapi itu salah satu hidayah dari Allah untuk kita petunjuk, bagi kita yang mau mendekatkan diri padaNya..

Ya! Pake kerudung itu wajib jib jib.. gak tahu kita kapan kan kembali padaNya, dalam keadaan imankah? Atau sebaliknya? Yang pasti itu sudah ada takdirnya, tinggal kita yang “Menjembut takdir yang baik dengan beramal yang baik”

Nb :

Oh ya, alasan ibu aku belum memberikanku kesempatan memakai kerudung karena menurut ibu aku pas aku kelas 3-5 sd itu masih centil dll… lah pokoknya mah ya gituh deh, aku gak mau buka aib aku disini,, hehe jadi aja ibu aku masih hawatir kerudungnya tiba tiba dilepas lagi.. gitu.. ya Alhamdulillah, semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada ibuku dan ayahku, aamiin…

No comments:

Post a Comment

Pejuang Garis Dua PCOS FIGHTER Tahun ke-5 part 2 Diet untuk PCOS

  Cerita HSG dan test hormonku. Saat akan HSG dan test hormon ini, aku sedang depresi... MasyaAllah... Aku sedang dihadapkan dengan harus be...